Selasa, 12 November 2013

TIPS AMAN DALAM BELANJA ONLINE




Selamat pagi/siang/sore/malam sahabat blogger? kali ini saya akan memposting info, bagaimana tips/cara aman dalam membeli barang-barang online. Jual beli online merupakan suatu bentuk kemajuan zaman yang sedang kita hadapai saat ini , dengan kemudahan transaksinya dan godaan harga yang murah kadang membuat kita terlena dan ....terjadi penipuan , ada banyak pengalaman teman2 saya yang sudah ketipu beberapa kali tapi untung saja saya belum pernah kwkwkw.. Agar tidak panjang lebar lagi kita langsung aja ..simak gan

tahap dalam membeli barang online

1. Beli lah barang yang kita inginkan dari website ataupun blog yang sudah terkenal , karena kita tau semakin     terkenal , semakin sulit untuk mereka melakukan penipuan, contoh nya adalah                                               Tokobagus.com/Berniaga/Lazada/Tokopedia dan banyak lagi

2. Tips yang kedua adalah kita lebih mengutamakan membeli barang dari sumber yang memiliki sistem               (PIHAK KETIGA) maksudnya disini adalah kita membeli barang melalui website yang sudah terkenal           yang dimana website tersebut merupakan tempat pihak ke-3 sebagai perantara kita dengan penjual . Tapi      harus ingat disini anda harus hati2 memilih website . ingat pada point 1 (LAZADA/TOKOPEDIA)

3. Jika barang yang anda inginkan tidak ada ,sudah biasa memang kalau barang di point 2 memiliki                   keterbatasan. kita bisa saja berbelanja di website seperti Tokobagus.com maupun berniaga. dengan memperhatikan hal-hal berikut :

                       1. Utamakan COD (cash on delivery) nah ini untuk menjamin agar anda tidak tertipu ,jadi sebaiknya membeli barang di daerah yang sama dengan anda untuk memudahkan proses pertemuan.
                       2.  Ini merupakan hal yang sangat penting , perlu diingat walaupun COD dilakukan , usahakan anda bukan lah seorang diri , terutama untuk wanita nih , hati-hati saja karena sudah banyak kejadian pembunuhan dan pencurian , jadi lebih baik anda membawa teman anda dan jangan bertemu di tempat yang sepi dan belum anda kenali.
                       3. untuk yang tidak mau bersusah payah , ya terpaksa dengan cara ini , tapi saya tidak menjamin 100% untuk ini . jika anda ingin kirim-kirim dengan penjual . ada baiknya aanda meminta dia untuk mengirimkan foto Ktp/foto diri dengan memegang barang yang kita minta tersebut, segala bentuk transaksi/komunikasi dengan penjual sebaiknya di simpan agar menjadi bukti dalam pengaduan ke polisi bila terjadi penipuan. coba juga untuk tidak mengirimkan uang sepenuhnya , ada baiknya anda meminta untuk mengirim setengah saja.


Nah bagaimana sahabat blogger ? semoga ini berguna ya untuk kita , terimakasih :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar